Sabtu, 09 April 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Assalammualaikum wr. Wb

Posting I

Question :
Cinta, sayang kasih kemesraan, pemujaan yang terselimuti nilai norma dan agama bisa membawa pada kehidupan manusia yang homohumanus aden nich dunia, tapi kenyataan terjadi mengapa ada dehumanisasi ( ibu dalang membunuh anak, kekasih membunuh sang kekasih) menagapa oh... mengapasemua ini terjadi....jelaskan...jelaskan..


Answer:
Tema yang diusung dalam tugas posting ke I materi kuliah ISBD kali ini adalah cinta kasih. Dan sebelum saya menjawab atas pertanyaan diatas saya ingin memberikan sebuah kata mutiara “ Ya... untuk senyuman indahmu yang menghembuskan cinta dan mengalirkan kasih sayang kepada sesama”.
Menurut saya memang benar adanya Cinta, sayang kasih kemesraan, pemujaan yang terselimuti nilai norma dan agama bisa membawa pada kehidupan manusia yang homohumanus aden nich dunia, tapi kenyataan terjadi mengapa ada dehumanisasi ( ibu dalang membunuh anak, kekasih membunuh sang kekasih), itu semua terjadi dikarnakan selimut cinta yang berisikan di dalamnya yaitu agama, norma, moral, dan nilai itu sendiri terlepasss.... sehingga cinta kasih yang dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan berubah menjadi kejam, tidak berprikemanusiaan, melupakan akhirat dan bekal untuknya serta mengabaikan keberadaanya.
Sungguh ironis sekali, seharusnya cinta kasih antara orang tua dan anak dimana orang tua yang memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna dikemudian hari malah tega membunuh darah dagingnya sendiri, sungguh seorang ibu yang kejam, tidak memiliki hati dan tidak berprikemanusiaan. Sehingga jelas sekali bahwa agama, norma, moral dan nilai telah diabaikan.
Ada empat yarat untuk mewujutkan cinta kasih :
1. Pengenalan
2. Tanggung jawab (Responsibiliti)
3. Perhatian (Cere)
4. Saling menghormati (Respek)
Namun bila salah satu syarat itu hilang misalnya tanggung jawab (Responsibility) yang mana terjadi pada contoh diatas bahwa seorang kekasih tega membunuh kekasihnya sendiri, itu akibat dari hilangnya tanggung jawab dimana wanita hamil si pria tidak mau bertanggung jawab atas perbuatanya maka berakibat pada pembunuhan tersebut.
Karna untuk keutuhan cinta itu sendiri dituntut :
1. Rasa tanggung jawab
2. Pengoebanan
3. Kejujuran
4. Saling percaya
5. Pengertian dan
6. Saling terbuka
Inilah jwaban dari saya, lebih dan kurangnya saya mohon maaf karna kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Akhir kata dengan sebuah kata mutiara dari saya “ Ya... untuk bersanding dengan alquran seraya membaca, menghayati, dan mengamalkanya sambil bertobat beristighfar”. Dan saya tutup dengan.....


Wassalammualaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar