Sabtu, 09 April 2011

Latent Social Problem

Assalammualaikum wr. Wb

Posting ke II
Hati yang sehat adalah hati yang didalamnya tidak ada syirik, tipu daya,rasa iri dan dengki


Question :
Do yuo know “ Laten Social Problems” ???? kunaon aya nu kitu atuhhhh...jelaskan....silusina kumaha???kumaha??? cik sok atuh jawab! He...he..


Answer ;
Tema yang diusung dalam tugas portin ke II materi kuliah ISBD kali ini adalah masalah sosial. Menurut saya dan yang saya ketahui bahwa yang dimaksud dengan Laten Social Problems itu adalah menyangkut hal-hal yang bertentangan /berlawanan dengan nilai masyarakat akan tetapi tidak di akui demikian halnya. Dan penyebab terjadinya masalah susial diklasifikasikan dalam empat kategorisyaitu :
1. Faktor Ekonomis
Faktor ekonomis sering memicu terjadinya masalah sisial karna setiap orang memiliki penghasilan yang berbeda-beda sesuai profesinya bahkan masih ada orang yang belum memiliki penhasilan tetap dan terkadang menjadi pengangguran dan inilah yang memicu terjadinya masalah sisial, maksudnya pngangguran itu sendiri yang sangat menjamur di zaman sekarang ini, disebabkan karna lapamgan kerja yang sedikit dan SDM kurang berkualitas akibatnya sang pengangguran melakukan pencopetan ataupun pemerasan dan ini sangat menggangu ketentraman orang banyak. Selain itu dengan perbedaan faktor ekonomi dimana masyarakat dibedakan atas masyarakat atas ataau golongan orang kaya, kemudian pertengahan atau sederhana dan golongan bawah atau lebih dikenal dengan orang miskin, Akibat kemiskinan banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari kemiskinan ini yang memicu masalah sosia, misalnya saja anak-anak yang hidup di jalanan untuk mencari uang karna himpitan ekonomi keluarga sehingga tidak memperoleh pendidikan dan mengakibatkan pergaulan yang salah misalnya saja melakukan pencopetan. Menurut saya solusi untuk masalah-masalah di atas adalah peran pemerintah yang ekstra untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada dalam garis kemiskinan serta yang paling penting faktor dari dalam manusia itu sendiri. Setiap manusia bisa hidup, entah yang tinggal dalam gubuk derita, Tap,,, Siapakah yang paling bahagia??? Yaitu orang yang cinta kepada Allah SWT, Orang yang selalu bersyukur dan tentunya faham tentang agama.
2. Faktor Biologis
Yang dimaksud faktor biologis disini misalnya adalah orang yang hidup dibawah garis kemiskinan biasanya mudah terkena penyakit karna tempat tinggal yang tidak layak serta faktor makanan dan solusinya adalah dari peran pemerintah sendiri untuk mensejahterakan rakyatnya serta pentingnya sosialisasi masalah kesehatan. Selain itu karna ingin mendapat untung besar, banyak dari pedagang kecil membuat barang makananya menggunakan bahan yang berbahaya untuk menekan biaya produksi. Untuk amasalah ini perlu adanya pengawasan dan pengecekan yang dilakukan secara ejeg oleh pemerintah.
3. Faktor Psikologis
Setiapa orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda ada orang yang mudah marah ada pula yang penyabar, ada orang yang kasar ada pula orang yang lemah lembut, ada yang mudah dalam memecahkan masalah ada pula yang mudah putus as. Dari keputus asan inilah timbul masalah sosial misalnya banyak orang mengakhiri hidupnya karna merasa bahwa masalah yang di hadapinya begitu berat sehingga solusi baginya hanyalah bunuh diri padahal ini adalah perbuatan yang sia-sia. Solusi yang amat tepat untuk faktor psikologis ini adalah pengetahuan dan pendalaman agama yang baik dan benar. Karna bila Allah sudah bersamamu, siapa lagi yang harus engkau takuti ?Tapi, bila Allah menjadi musuhmu kepada siapa lagi engkau akan berharap?.
4. Faktor Kebudayaan
Dua insan yang saling mencintai dan disatukan dalam ikatan pernikahan bukan hanya menyatukan dua orang tersebut yaitu istri dan suami tetapi juga mempersatikan dua keluarga, anamun bila percveraian itu terjadi maka pecah juga lah kekeluargaan dua keluarga ini bukan hanya itu bahkan bahwa mungkin bisa lebih luas sampai daerah tempat tinggal juga. Sayang sekali di zaman sekarang ini sudah tidak heran adanya kawin cerai yang terjadi. Solusi untuk masalah ini adalah meningkatkan serta menjaga keutuhan cinta agar tidak goyah karna hal-hal seoele, sebaioknya harus saling menghormati satu sama lain
Demikianlah penjelasan dan penjabaran dari saya dengan pengetahuan yang saya miliki mengenai Laten Social Problems. Saya tutup dengan.............
Wassalammualaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar